Ikan merupakan bahan yang sangat kaya akan nutrisi. Sayangnya, kualitas nutrisi yang ada di dalam ikan juga tergantung pada bagaimana cara memasaknya.

Jika cara memasak aneka masakan ikan  keliru bisa dipastikan akan mengurangi kandungan nutrisi di dalam ikan itu sendiri. Alhasil, ikan yang kalian konsumsi menjadi tak sehat seperti biasanya.

Lalu bagaimana langkah tepat untuk mengantisipasinya? Tentu saja, yang perlu kamu lakukan hanya harus tahu bagaimana cara mengolah masakan ikan yang benar.

Beragam Cara Memasak Ikan Yang Sehat

Dilansir dari World Cancer Research Fund, setiap ikan mempunyai karakteristik yang sangat berbeda. Karakteristik tersebut mempengaruhi teknik memasaknya.

Jika memasak ikan dengan teknik pengolahan yang pas, bisa dipastikan nutrisi pada ikan juga bertahan dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus tahu teknik memasak ikan yang tepat.

Di bawah ini kami berikan informasi beberapa teknik memasak ikan yang sehat dan pastinya dapat langsung diterapkan kapan saja. Berikut pembahasannya :

1. Memanggang

Memasak ikan dengan dipanggang termasuk teknik pengolahan yang sehat. Hal tersebut karena Anda tidak membutuhkan tambahan minyak.

Hanya perlu membalurkan bumbu marinasi yang terbuat dari bawang putih, lemon dan merica saja. Selanjutnya, kamu cukup memanggang beberapa menit sampai ikan matang.

Teknik memanggangnya sangat cocok untuk ikan yang berminyak, misalnya salmon, ikan trout air tawar, tuna dan juga ikan layur.

2. Kukus

Mengukus ikan termasuk teknik memasak ikan yang tersehat dibanding teknik lainnya. Pasalnya, teknik masak ini mempertahankan banyak nutrisi selama pengolahan ikan.

TK hanya itu, ikan juga bisa matang merata karena panas yang menyebar ke bagian alat kukus selalu tertutup dengan rapat.

Mengukus ikan juga tidak membuat daging ikan menjadi cepat kering. Jadi, kamu tetap bisa menikmati tekstur daging juicy dan lembut.

3. Menumis

Bagi yang membutuhkan pengolahan ikan yang lebih cepat tanpa mengurangi kandungan nutrisi di dalam ikan, menumis bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Teknik menumis ini sangat cocok untuk ikan yang miliki daging putih dan juga beberapa makanan laut populer seperti udang, kerang, dan juga tiram.

Dengan menumis, ikan menjadi lebih gurih seperti saat sedang digoreng. Namun, teknik ini jauh lebih sehat karena minyak yang dipakai lebih sedikit.

4. Poaching

Poaching merupakan teknik memasak di dalam air ataupun kaldu panas yang belum mendidih sepenuhnya, biasanya suhu yang digunakan berkisar antara 70 hingga 82º Celsius.

Cara ini paling sehat terutama jika kamu memakai kaldu ikan yang juga dicampur dengan bawang putih, rempah-rempah dan bawang bombay.

Teknik memasak ikan ini cocok untuk ikan yang berdaging lembut, misalnya ikan kod, ikan tuna ekor kuning hingga  mujair.

Itu teknik memasak aneka masakan ikan yang bisa dicoba di rumah. Meskipun sama-sama ikan, tapi ternyata teknik untuk mengolahnya tidak sama.