Cara Daftar SIM Online dari Rumah

Cara Daftar SIM Online dari Rumah

Selain STNK, SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah dokumen yang sangat penting yang harus dimiliki bagi pengendara kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan dengan adanya SIM, maka ada bukti bahwa pengendara sudah memiliki keahlian untuk mengendarai kendaraan bermotor. Nah, terkait SIM, kini pemerintah sudah menyediakan layanan pembuatan SIM online.

Adanya layanan pembuatan SIM online ini tentu akan memberikan kemudahan pada pengendara yang belum melakukan pengurusan SIM. Tentu, dengan cara online, maka Anda bisa melakukan pengajuan pembuatan SIM langsung dari rumah dengan sangat mudah.

Bagaimana cara untuk melakukan pengajuan pembuatan SIM online dari rumah? Cek ulasannya!

Langkah Mudah Daftar SIM Online

Ada beberapa langkah yang cukup mendasar dan penting untuk melakukan pengajuan pendaftaran SIM online. Adapun beberapa langkah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan registrasi online di website http://sim.korlantas.polri.go.id/ dan sediakan syarat yang diperlukan
  • Setelah itu, pilih menu pendaftaran SIM online yang ada di halaman depan
  • Pilih golongan SIM yang hendak Anda buat dan beberapa hal lain sesuai perintah
  • Isi data diri dengan lengkap dan sesuaikan detail data tersebut dengan KTP, terutama pada bagian NIK
  • Isi data keadaan darurat yang disediakan dalam formulir tersebut guna memudahkan pencarian bantuan di saat kondisi yang genting
  • Lakukan konfirmasi pada data yang telah diisi sebelumnya dan periksa isian data tersebut dengan saksama agar tidak ada kesalahan
  • Lakukan pembayaran untuk pengajuan SIM online baru tersebut dengan cara memilih cara pembayaran yang disediakan
  • Jika masalah pembayaran sudah selesai, maka pilih tanggal untuk datang ke SATPAS guna menjalani langkah selanjutnya. Untuk perpanjangan SIM, cek tanggal masa aktif SIM dan jangan sampai terlewat
  • Isi rekening pengembalian dana untuk mendapatkan dana Anda kembali jika gagal dalam pembuatan SIM
  • Terakhir, setujui pendaftaran SIM online yang Anda lakukan

Setelah beberapa langkah di atas, tentu masih ada langkah lanjutan yang harus Anda lakukan guna mendapatkan SIM yang diperlukan. Nah, untuk pengurusan SIM tersebut, Anda harus datang ke SATPAS terdekat sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP.

Nantinya, ada beberapa tahap yang harus dijalani, yaitu pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis yang bertugas, pemeriksaan psikologi, pengambilan foto serta sidik jari. Setelahnya, Anda juga harus melakukan ujian, baik ujian secara teori tentang berkendara dan juga ujian praktik.

Nah, apabila semua persyaratan sudah benar dan ujian yang dilakukan sudah dinyatakan lulus, maka SIM yang Anda inginkan nantinya bisa diambil. Serahkan bukti kelulusan tes pada petugas dan tunggu waktu panggil guna penyerahan SIM.

Demikian beberapa ulasan terkait cara pengajuan SIM online yang perlu Anda ketahui dengan saksama. Semoga bermanfaat.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.